DETAIL DOCUMENT
ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG BANG KUMIS DI UD. MAJU BERSAMA DESA KRANGGAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SALSABILA, Azka
Subject
Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan; Strategi Pemasaran 
Datestamp
2023-12-02 06:37:51 
Abstract :
Sektor pertanian dalam wawasan agribisnis dengan perannya dalam perekonomian nasional memberikan beberapa hal yang menunjukkan keunggulan yang dapat dipertimbangkan. Keunggulan tersebut antara lain nilai tambah pada agroindustri yang mengolah hasil pertanian menjadi produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi. UD. Maju Bersama merupakan industri rumah tangga yang mengolah pisang menjadi keripik. UD. Maju Bersama terletak di Desa Kranggan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Namun, belum adanya pembukuan keuangan usaha dan kegiatan pemasaran produk yang belum maksimal menjadikan home industry ini belum berkembang secara baik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keuntungan, nilai tambah, dan strategi pemasaran keripik pisang di UD. Maju Bersama. Waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan Januari-September 2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik snowball sampling. Metode analisis yang digunakan adalah rumus pendapatan dan nilai tambah untuk mengetahui besarnya keuntungan dan nilai tambah dari produksi pisang menjadi keripik, serta analisis matrik IFS, EFS, IE, dan SWOT untuk merumuskan alternatif strategi. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 46 orang, dengan ketentuan 1 orang sebagai pemilik home industry, 3 orang tenaga kerja, 2 orang pemasok pisang, 10 warung atau pengecer, dan 30 orang sebagai konsumen akhir.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan yang diterima dari usaha pengolahan keripik pisang di UD. Maju Bersama dalam satu kali proses produksi sebesar Rp325.171.-. Pengolahan keripik pisang di UD. Maju Bersama dalam satu kali proses produksi memberikan nilai tambah bruto sebesar Rp332.000.-, nilai tambah netto sebesar Rp325.171.-, nilai tambah per bahan baku sebesar Rp2.213.-/kg, dan nilai tambah per tenaga kerja sebesar Rp41.500/Org. Berdasarkan analisis SWOT, diperoleh sebelas alternatif strategi yang dikelompokkan dalam 4 kelompok, yaitu strategi S-O (Kekuatan-Peluang), strategi W-O (Kelemahan?Peluang), strategi S-T (Kekuatan-Ancaman) dan strategi W-T (Kelemahan?Acaman). 
Institution Info

Universitas Peradaban