Abstract :
Menurut Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), rata-rata peningkatan konsumsi kopi di Indonesia adalah sebesar 7,93% per tahun atau setara dengan 0,98 kg per kapita per tahun. Penjualan kopi bubuk kopi Kapal Api hampir menjangkau setiap daerah di Indonesia. Kopi Kapal Api memiliki cita rasa tersendiri bagi pecinta kopi, sehingga banyak konsumen yang membelinya setiap kali berbelanja
di minimarket maupun pasar tradisional. Pasar Induk Bumiayu adalah pasar terbesar yang terletak di Kecamatan Bumiayu, di mana Bumiayu merupakan pusat aktivitas masyarakat di bagian selatan Kabupaten Brebes, baik itu kegiatan ekonomi, kesehatan atau pendidikan. Kebutuhan dan keinginan konsumen sangat bervariasi dan berubah-ubah karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi
konsumen dalam keputusan pembelian. Jika suatu produk sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, maka konsumen akan mempertimbangkan untuk
mengkonsumsinya kembali. Oleh karena itu, penting bagi produsen kopi Kapal Api untuk dapat lebih memahami perilaku konsumen agar kopi Kapal Api tersebut
selalu diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakakteristk responden dan
pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis dalam keputusan pembelian kopi Kapal Api di Pasar Induk Bumiayu. Objek pada penelitian ini adalah kopi
sachet Kapal Api Special Mix 25 gram. Lokasi penelitian ini yaitu di Pasar Induk Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Waktu pelaksanaan penelitian
adalah mulai Juni sampai September 2023. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling
dan sampel berjumlah 50 responden. Data diperoleh melalui teknik kuisioner dengan wawancara kepada konsumen akhir kopi Kapal Api di lokasi penelitian. Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik uji
instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS v25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden lebih banyak yang berjenis kelamin laki-laki dan mayoritas berusia 17 hingga 25 tahun. Responden dengan pendapatan Rp3 juta hingga Rp4,4 juta menjadi jumlah
terbanyak yaitu 18 orang. Mayoritas responden melakukan pembelian kopi Kapal Api empat kali dalam satu bulan. Pada umumnya responden menempuh jenjang
pendidikan terakhir sampai tingkat SMA atau SMK. Mayoritas responden pada penelitian ini adalah wiraswasta. Hasil uji F dalam penelitian menunjukkan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi Kapal Api di Pasar Induk Bumiayu. Hasil uji t dalam penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, pribadi, dan psikologis
masing-masing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi Kapal Api di Pasar Induk Bumiayu, sedangkan faktor sosial tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian kopi Kapal Api di Pasar Induk Bumiayu.