DETAIL DOCUMENT
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DI PASAR INDUK BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
HIDAYAH, Nurul
Subject
Perilaku Konsumen, Psikologi Konsumen, Kepuasan Konsumen 
Datestamp
2023-12-02 06:37:57 
Abstract :
Sejak akhir 2021, Indonesia mengalami lonjakan harga minyak goreng. Hal ini yang kemudian menjadi masalah diantaranya panic buying dan membuat harga minyak menjadi semakin tidak terkendali dan berdampak pada perilaku konsumen dalam mengonsumsi minyak goreng. Umumnya konsumen membeli suatu produk berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya atribut produk yang melekat pada produk tersebut. Selain itu terdapat juga empat faktor yang mempengaruhi perilaku keputusan pembelian konsumen yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Pasar Induk Bumiayu merupakan salah satu pasar yang ada di Kabupaten Brebes. Pasar ini juga salah satu pendorong aktivitas ekonomi di Bumiayu, dimana pasar ini menjadi tujuan berbelanja warga masyarakat Brebes Selatan.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas, fitur, desain dan harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan dan mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Induk Bumiayu. Objek penelitian ini adalah konsumen akhir minyak goreng kemasan 1- 2 Liter . Waktu pengambilan data bulan juli ? agustus 2023. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan metode Non Probability yakni metode Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Data yang digunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket dengan menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji F dan uji T, serta koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS v25. Hasil penelitian atribut produk diantaranya kualitas, fitur, desain, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan. Hasil uji parsial dalam penelitian ini kualitas, fitur dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan sementara desain produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Induk Bumiayu. Pada uji regresi selanjutnya untuk faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan. Hasil uji parsial juga menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Induk Bumiayu. 
Institution Info

Universitas Peradaban