DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI OPERASI PECAHAN BILANGAN KELAS III SD NEGERI BUNIWAH 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Anggraeni, Eka Noviana
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-05-06 03:48:18 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi operasi pecahan bilangan yang masih sangat kurang mempelajarinya terutama masalah konsep-konsepnya serta kemampuan pemecahan masalah. Hal ini berdampak pada rendahnya nilai ulangan matematika kelas III yang mendapatkan nilai diatas KKM hanya 35%. Nilai KKM pelajaran matematika kelas III SD Negeri Buniwah 01 adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III SD Negeri Buniwah 01 dengan menggunakan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berpendekatan Pembelajaran Langsung. pemecahan masalah mengandung pengertian sebagai proses berpikir tingkat tinggi dan mempunyai peranan yang penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis One-Shot Case Study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Buniwah 01 kelas 3 yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes dan dokumentasi dengan analis datanya yaitu Analisis butir soal dengan uji validitas, uji reabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda sedangkan analisis data akhirnya menggunakan uji moralitas dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dengan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berpendekatan Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Operasi Pecahan Bilangan Kelas III SD Negeri Buniwah 01 sebesar 56,7% sedangkan sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain dengan persamaan regresi dari variabel bebas dan terikatnya Y= -3.168+ 0,949 maka dapat dikatakan pembelajaran Model RME (Realistic Mathematics Education) berpendekatan pembelajaran Langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa berpengaruh positif. 
Institution Info

Universitas Peradaban