DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
INDRIYANA, Arum Tri
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2023-11-23 03:32:08 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ?Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah Bumiayu?. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bumiayu Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan model one group pre-test and post-test design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas XI dan sampelnya 3 kelas dengan jumlah 76 siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Bumiayu. Teknik pengambilan datanya adalah teknik sampling yaitu probability sampling dengan sistem Simple Random Sampling. Intrumen yang digunakan yaitu instrumen wawancara dan test. Kemudian teknik analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas pada penelitian. Data yang diperoleh dari hasil perhitungan sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) siswa kelas XI diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks drama adalah 59,23. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil perhitungan setelah mendapatkan perlakuan (posttest) adalah 88,63. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks drama siswa setelah mendapatkan perlakuan lebih baik dan mencapai KKM dari hasil sebelum mendapatkan perlakuan. Adapun hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sampel t-test pada eksperimen yang setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning bermuatan kearifan lokal terhadap kemampuan menulis teks drama diperoleh harga t = 3,932 df = 76 dan sig 0,009. Artinya bahwa nilai signifikan 0,009 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest 
Institution Info

Universitas Peradaban