DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI DATA MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK WINGS MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MEMBANTU STRATEGI PEMASARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
RAMDANI, Aldi Fahmi
Subject
Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer; Algoritma Komputer 
Datestamp
2023-12-02 06:38:12 
Abstract :
Teknologi sekarang ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan teknologi di era industry 4.0 mengakibatkan banyaknya persaingan di dunia bisnis khususnya pada industri penjualan. Pada tahun 2021 penjualan produk wings perbulanya mulai dari januari sampai bulan desember hampir sama tidak ada peningkatan atau penurunan, namun saat bulan Ramadhan dan saat hari raya lainya di PT. ITS (Wings Surya Bumiayu) selalu mengalami banyak pesanan,menunjukan permintanaan produk semakin meningkat. Meningkatnya penjualan, mengakibatkan stok produk yang ada di PT. ITS (Wings Surya Bumiayu) semakin berkurang, berkurangnya stok produk merupakan masalah yang serius bagi perusahaan yang harus cepat di selesaikan karena akan menghambat proses pemasaran produk. Hal ini terjadi akibat kurang terkontrolnya sebuah data transaksi dengan baik. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan implementasi data mining pada data transaksi penjualan produk wings menggunakan metode algoritma apriori yang bertujuan untuk menemukan frekuensi tertinggi pada itemset yang dijalankan pada sekumpulan data. Sistem yang dibuat untuk mengetahui pola penjualan dapat diketahui dengan menggunakan 3 perhitungan iterasi sebagai pencarian pola frekuensi tinggi dan mengunakan nilai 30% sebagai parameter untuk min_support, selanjutnya mencari aturan assosiasi untuk menentukan nilai kepastian dari tiap kombinasi itemset yang memiliki pola frekuensi, untuk parameternya menggunakan nilai min_confidence 40% digunakan untuk mengukur nilai kepastian tertinggi dari setiap kombinasi itemset, yang nantinya akan menghasilkan aturan assosiasi final, dengan nilai akurasi tertinggi melebihi nilai minimum confidence yang ditentukan. Hasilnya dapat mengetahui produk apa sajah yang terjual secara bersamaan dengan masing ? masing mendapatkan nilai kepastian mulai dari 43.22% sampai 100%. 
Institution Info

Universitas Peradaban