Abstract :
Brimo merupakan aplikasi keuangan digital (m-banking) yang dirilis Bank BRI bertujuan memberikan kemudahan untuk nasabah dalam bertransaksi. Jumalh pengguna aplikasi Brimo yang meningkat hingga periode Mei 2023. Hal ini menuai raksi dan kritik dari sejunlah pengguna aplikasi yang muncul dalam berbagai komentar di kolom komentar aplikasi Brimo. Permasalahan tersebut memungkinkan dilakukan pengkajian analisis sentimen pengguna dengan pemrosesan teks yang berupa komentar. Data komentar diperoleh menggunakan teknik scraping menggunakan API Google-Play-Scraper. Selanjutnya akan dilakukan preprocessing untuk membersihkan teks agar data dapat dieksekusi. Metode yang digunakan adalah support Vector Machine dan Random Forest. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi dari dua metode klasifikasi terhadap analisis sentimen pengguna aplikasi Brimo di Google Play Store menggunakan algoritma Support Vector MAchine dan Random Forest. Dataset yang digunakan sebanyak 6.636 data berlabel positif dan negatif dengan pembagian 80:20. Hasil klasifikasi menunjukan bahwa Algoritma Support Vector Forest mendapatkan nilai akurasi sebesar 94%. Sedangkan hasil algoritma Random Forest mendapatkan nilai akurasi sebesar 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa algoritma Support Vector Machine dan Algortima Random Forest mendapatkan hasil sangat baik, tetapi algoritma Support Vectro Machine memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma Random Forest.