Abstract :
Kepuasan pelanggan merupakan aspek terpenting untuk meningkatkan keuntungan dan kualitas perusahaan, karena pelanggan yang puas adalah pelanggan yang akan berbagi kepuasan dengan produsen dan pelanggan. Oleh karena itu penilaian dari pelanggan dapat dijadikan sebagai acuan untuk menganalisa baik atau buruknya pelayanan yang diberikan terhadap perusahaan dalam hal pelayanan sales, pelayanan collector dan ketepatan datangnya barang. Dalam penelitian ini menggunkan metode decision tree/rule algortima ID3 dan algoritma C4.5 untuk mengetahui sebererapa tingkat akurasi kedua algortima dalam memprediksi kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil mengunakan metode algoritma ID3 diperoleh tingkat akurasi 98,6% dan algoritma C4.5 diperoleh akurasi mencapai 98,6% yang berarti kedua algoritma menghasilkan akurasi excellent classification dan hasil perhitungan dua metode yaitu metode algoritma ID3 dan algoritma C4.5 mendapatkan hasil decision tree/rule yang sama, meskipun rumus perhitungan manual dari dua metode algoritma berbeda.