Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi masih ada siswa yang kurang disiplin, kurangnya saling menghormati, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, kurang santun terhadap gurunya, hanya sebagian saja yang melakukan tindakan saling menghargai satu sama lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap perilaku terpuji siswa SD di Desa Sridadi Sirampog.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 99 siswa dari siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.
Hasil dari penelitian ini yaitu dilihat dari uji ANOVA dengan Fhitung sebesar 219,206 dan tingkat signifikansi probabilitas 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi. Uji R square ditemukan nilai R square sebesar 0,693 menunjukkan bahwa variabel independent (kecerdasan spiritual) memiliki pengaruh terhadap variabel dependent (perilaku terpuji) sebesar 69,3%. Sedangkan 30,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t ditemukan bahwa nilai thitung > ttabel (6,148 > 1,664) maka Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap perilaku terpuji siswa SD di Desa Sridadi Sirampog. Atau variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.