Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari isolasi yang berkepanjangan, penangguhan pembelajaran tatap muka di sekolah ini telah menimbulkan kekhawatiran akan penurunan kualitas pengetahuan kognisi, dan keterampilan sosial yang dimiliki siswa. Selain itu, proses pembelajaran daring yang diselenggarakan guru belum menemukan format yang tepat di banyak sekolah sehingga menimbulkan kesulitan belajar siswa pasca pandemi covid-19. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apa saja faktor kesulitan belajar siswa kelas III pasca Pandemi covid-19 di MI AL Falah Tembongraja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor faktor kesulitan belajar siswa kelas III pasca pandemi Covid-19 di MI AL Falah Tembongraja. Metode yang digunakan metode kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara menggunakan teknik Tringulasi Sumber Untuk metode dokumentasi yang dianalisis kegiatan pembelajaran tatap muka kembali pasca pandemi Covid-19 MI Al Falah Tembongraja dan RPP di kelas III semester Genap. Hasil menunjukan faktor kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal yang meliputi kognitif, afektif & psikomotor dan faktor eksternal yang meliputi keluarga, masyarakar dan sekolah