Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing kegiatan belajar dari rumah pada siswa kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kaliwadas 01, pada bulan November sampai dengan januari 2020. Sumber data yang digunakan data primer menggunakan wawancara guru, orang tua dan siswa, data sekunder yang berupa dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terhadap peran orang tua membimbing kegiatan belajar dari rumah selama pandemi covid-19 hasil wawancara, observasi, maupun dokumentasi mengenai peran orangtua dalam pembelajaran dari rumah terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada orang tua saat membimbing kegiatan belajar dari rumah, beberapa masalah tersebut dapat disimpulkan pada penelitian ini: kurangnya siswa dalam memahami materi sehingga mengharuskan orang tua mempelajari materi yang bukan di bidangnya, keterbatasan fasilitas terutama dalam hal kuota, latar belakang pendidikan orang tua. Peran aktif orang tua dalam pendampingan belajar, mengarahkan anak untuk belajar dengan baik, membatasi anak bermain gadget dan orang tua memberikan fasilitas untuk anak