DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV A SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
HARTANTI, Chintya Dwi
Subject
Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 
Datestamp
2023-12-20 04:32:51 
Abstract :
Minat baca di Indonesia masih cukup rendah terbukti dari masih sulitnya siswa dalam memahami sebuah bacaan. Akibatnya terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca dan tidak memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Kesulitan membaca yang dialami oleh siswa dapat dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, faktor-faktor, dan pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan membaca siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV A di SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 7 siswa kelas IV A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap kesulitan membaca siswa kelas IV A dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca yaitu, menunjuk setiap kata yang dibaca, menempatkan buku terlalu dekat dengan mata, mulutnya komat-kamit ketika membaca, membaca kata demi kata, dan melakukan analisis, tetapi tidak dapat mensintesiskannya. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu, faktor internal meliputi faktor fisiologi seperti adanya gangguan kesehatan yang dialami siswa, faktor psikologi seperti, minat belajar yang kurang dan keaktifan siswa yang kurang. Faktor eksternal meliputi, faktor nonsosial seperti, media belajar yang kurang lengkap dan model dan metode yang digunakan guru ketika proses pembelajaran serta faktor sosial yaitu karena faktor handphone karena kurangnya pengawasan dari orang tua 
Institution Info

Universitas Peradaban