DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADATEMA 8 DI SD NEGERI LAREN 04 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Yazidah, Izatul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-05-08 03:16:22 
Abstract :
Strategi PQ4R merupakan teknik belajar untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang dibaca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Tujuan dari penyusunan skripsi ini untuk mengetahui apakahada pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap prestasi belajar siswa pada tema 8 Kelas V di SD Negeri Laren 04 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Fokus penggunaan metode ini adalah untuk membandingkan prestasi kelas V SDN Laren 04 antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan, menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. desain penelitian Pre-Eksperiment design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data diawali dengan uji normalitas. Data yang diperoleh menunjukan angka 0,200 untuk data Pretest maupun data Postest taraf signifikasi sebesar 0,05. Artinya data yang terkumpul berdistribusi normal atau data lebih besar dari taraf signifikasi yang ditentukan. Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi menunjukkan R Square 0,744 lebih besar dari r tabel sebesar 0,632. Artinya terdapat hubungan yang berarti dan pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDN Laren 04 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. 
Institution Info

Universitas Peradaban