Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan berupa rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui blended learning berbantuan multimedia efektif terhadap
prestasi belajar IPA materi organ gerak hewan dan manusia siswa kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi-experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga seluruh populasi diambil sebagai sampel, yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas
dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan paired?sample t-test untuk nilai nilai pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh thitung sebesar 7,296 dan ttabel sebesar 2,428 sehingga thitung > ttabel, yaitu 7,296 > 2,428. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya blended learning berbantuan multimedia efektif terhadap prestasi belajar IPA materi organ gerak hewan dan
manusia siswa kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian tersebut terjadi karena
didukung terlaksananya blended learning berbantuan multimedia dengan kategori sangat baik.