DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PENDEKATAN SAINTIFIK ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
NURLAELA, Dina
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2023-12-20 04:33:03 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya media pembelajaran IPA menyebabkan rendahnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, penyampaian materi masih menggunakan metode ceramah dan modul saja, sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video berbasis powtoon pendekatan saintifik etnosains untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda kelas V yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development) dengan model 4D meliputi Deffine, Design, Develop, and Dissemination. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Surusunda 03 sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media video berbasis powtoon pendekatan saintifik etnosains dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli media dengan skor 3,87 kriteria ?Baik? dan ahli materi dengan skor 3,83 kriteria ?Baik?. Hasil angket respon guru dengan skor 27,8 dan hasil angket respon siswa dengan skor 10,6 kriteria ?Sangat Baik?. Uji T Paired Simple t test menunjukkan pada daerah penolakan HO dinyatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. 
Institution Info

Universitas Peradaban