DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TERHADAP SOAL MATERI PECAHAN KELAS V DI SD NEGERI DUKUHTURI 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
IZAH, Tiya Nurul
Subject
Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 
Datestamp
2023-12-20 04:33:05 
Abstract :
Berdasarkan prapenelitian di SD Negeri Dukuhturi 01, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan masih rendah dan belum mencapai nilai KKM yaitu 65. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif siswa terhadap soal materi pecahan kelas V Di SD Negeri Dukuhturi 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Pemilihan sempel jenuh dimana semua populasi dijadikan sempel penelitian sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan mengenai kemampuan kognitif soal materi pecahan pada indikator mengingat C1 memperoleh persentase rata-rata 93% dalam kategori baik sekali, indikator memahami C2 memperoleh persentase rata-rata 87% dengan kategori sangat baik sekali, indikator mengaplikasikan C3 memperoleh persentase rata-rata 80% dengan kategori baik, indikator menganalisis C4 memperoleh persentase rata-rata 73% dengan kategori baik, indikator mengevaluasi C5 memperoleh persentase rata-rata 63% dengan kategori cukup, indikator mencipta C6 memperoleh persentase rata-rata 47% dengan kategori kurang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai p-value (sig.) yaitu 0,017 0,05, selain itu nilai t hitung t tabel yaitu 2,696 1,761, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya kemampuan kognitif terhadap soal materi pecahan siswa kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 dalam kategori baik dengan persentase 65%. 
Institution Info

Universitas Peradaban