DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 05
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
PUTRI, Iqlimah
Subject
Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 
Datestamp
2023-12-21 03:16:04 
Abstract :
Hasil belajar IPA siswa di SD Negeri Bumiayu 05 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Bumiayu 05. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling jenuh sejumlah 20 siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis data Paired Sample t Test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil uji paired sample t tes nilai pretest dan posttest kelas V Nilai sig 2- tailed sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak& Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran IBL berbantuan video animasi terhadap hasil belajar IPA siswa SD Negeri Bumiayu 05. 
Institution Info

Universitas Peradaban