Institusion
Universitas Peradaban
Author
thLaelisqiah, Kamelina Nurul
Subject
Manajemen Kelas, Pengajaran
Datestamp
2017-05-08 03:43:10
Abstract :
Pembelajaran efektif merupakan tolak ukur keberhasilan guru dalam mengelola kelas. Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila seluruh peserta didik dapat terlibat secara aktif, baik mental, fisik, maupun sosialnya. Untuk menciptakan efektivitas pembelajaran sangat diperlukan pengelolaan kelas berupa inovasi posisi duduk, tanpa adanya pengelolaan kelas suasana pembelajaran tidak tercapai secara kondusif dan efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh posisi duduk beda gender terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas atas SD Negeri 2 Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V yang berjumlah 51 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Kuesioner dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Pra-Syarat dan Uji Hipotesis.
Berdasarkan analisis data serta pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan posisi duduk beda gender terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas atas SD Negeri 2 Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 53,8%. Dilihat dari nilai Determinasi (R Square) = 0,538 yang memiliki arti bahwa besarnya pengaruh penggunaan posisi duduk beda gender terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas atas SD Negeri 2 Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 53,8% sedangkan sisanya 46,2% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak terdapat dalam penelitian ini.