DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA STORY BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI JATISAWIT 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
INAYAH, Futi Hatul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2023-12-21 03:16:16 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa serta kurangnya model dan media pembelajaran, sehingga ada beberapa siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi di SD Negeri Jatisawit 02. Metode penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian pre- eksperimen, jenis One Group Prettest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji paired sample t- test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman. Dikatakan demikian karena dari perhitungan uji paired sample t- test diperoleh hasil rata-rata (mean) siswa sebelum diberi perlakuan sebesar 61,83 sedangkan setelah diberi perlakuan sebesar 78,09. Adapun pengaruh yang ditimbulkan model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman adalah sebesar 19,2 %, sedangkan sisanya 80,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dikatakan demikian berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R Square yaitu 0,192. 
Institution Info

Universitas Peradaban