Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan rendahnya keterampilan berbicara siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Talking Stick dan Think Pair and Share ditinjau dari keterampilan berbicara siswa kelas IV SD. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan design Solomon Four Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam Ta?allumul Huda dan SD Muhammadiah Bumiayu dengan sampel kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instumen obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah Independent sample T-Test. Dengan hasil menunjukan nilai sig sebesar 0,000 sehingga Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan dari kedua model pmbelajaran tersebut. Namun, model Talking Stick lebih berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa, dapat dilihat dari nilai rata-rata Talking Stick 73,89 dan rata-rata Think Pair and Share 66,31 sehingga kedua model tersebut memiliki selisih nilai 7,58.