Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan apa saja yang guru hadapi pada proses implementasi kurikulum merdeka pembelajaran matematika di sekolah dasar khususnya pada kurikulum merdeka yang baru diterapkan belum lama di kelas 4 dan bagaimana solusi yang ditawarkan terkait kesulitan yang dihadapi oleh guru pada proses pembelajaran matematika, kesulitan pada perencanaan pembelajaran matematika dan penilaian pembelajaran matematika kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah pengalaman langsung atau fenomenologi. Subjek penelitian yaitu guru kelas 4 sekolah dan kepala sekolah SDN Sridadi 02. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan triangulasi data. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan juni- pertengahan agustus . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran matematika yang meliputi: 1) Kesulitan perencanaan pada pelajaran matematika; 2) kesulitan guru dalam pembelajaran matematika yang dipengaruhi kurang minatnya siswa pada pembelajaran matematika 3) Kesulitan Guru dalam Penilaian autentik pada pembelajaran matematika 4) penggunaan modul ajar yang kurang efektif untuk pembelajaran matematika, dan 5) guru kesulitan mengembangkan materi yang ada dalam buku.