DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MUTIARA HATI TERPADU DESA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Akrimah, Lalilatul
Subject
Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 
Datestamp
2017-05-08 03:53:52 
Abstract :
Rasa percaya diri itu penting bagi anak tunagrahita karena mereka memiliki kekurangan. Dengan kekurangan itu, maka rasa percaya diri anak tunagrahita harus ditingkatkan agar mereka yakin dengan potensi yang dimiliki meskipun mereka memiliki kekurangan. Dan peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Mutiara Hati Terpadu Desa Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik ini untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data untuk menganalisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SLB Mutiara Hati sudah menjalankan peranannya dalam meningkatkan rasa percaya diri anak tunagrahita yang meliputi keteladanan, inspirator, motivator dan evaluator. Hal itu dapat terlihat dari rasa percaya diri yang ditunjukan oleh anak tunagrahita baik di dalam maupun diluar kelas. 
Institution Info

Universitas Peradaban