Abstract :
Latar belakang pada penelitian ini masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV dan latihan soal yang diberikan guru tidak menstimulasi siswa agar mampu menyelesaikan soal latihan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan STEAM berbantuan media
Wordwall dapat melampaui KKTP serta lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Metode penelitian ini penelitian kuantitatif, pendekatan True Experimental Design, rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN se-Desa Jatisawit. Teknik sampel yang digunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan siswa
kelas IV SDN Jatisawit 01 sebagai kelas eksperimen dan SDN Jatisawit 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian diperoleh sign sebesar 0,023< 0,05 pada uji ketuntasan individual dan sign sebesar 0,000 < 0,05 pada uji ketuntasan
klasikal. Sedangkan uji Independent Sample T-test sign (2-tailed) sebesar 0,033 < 0,05. Artinya, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran STEAM berbantuan media Wordwall dapat melampaui KKTP dan lebih baik dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional