DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING SISWA BERBASIS PENDIDIKAN MORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF CONTROL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
AYUNINGSIH, Ayuningsih
Subject
Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 
Datestamp
2023-12-20 04:33:17 
Abstract :
Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya ketersediaan buku pendamping yang menarik dan rendahnya kemampuan Self Control siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping berbasis pendidikan moral untuk meningkatkan kemampuan Self Control siswa. Jenis penelitian ini ialah Research and development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Mauhibul Athfal dan MI Hidayatul Athfal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh (1) Buku pendamping berbasis pendidikan moral layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 88 dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 94,67 dan respon siswa sebesar 98,95 dengan kategori sangat layak. (2) hasil uji t menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05, Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan buku pendamping berbasis pendidikan moral. Maka dapat dikatakan bahwa buku pendamping berbasis pendidikan moral mampu meningkatkan kemampuan self control siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban