Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode role playing dapat meningkatan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Langkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Hasil belajar yang dimaksud yaitu mengenai kemampuan unggah-ungguh pada aspek kognitif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posstest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I, II, III, IV, V dan VI SD Negeri Langkap 01. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Langkap 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan unggah-ungguh siswa kelas IV dengan menggunakan metode role playing meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa melampaui KKM. Aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Jawa. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana yaitu t hitung 5,936 dengan t tabel lebih kecil yaitu 2,069. Taraf signifikansi yang digunakan 5% dan t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan korelasi (R) adalah 0,493 yang memiliki arti pengaruh kuat, maka dihasilkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,243 yang memiliki arti bahwa penggunan metode role playing memiliki pengaruh sebesar 24,3 % terhadap hasil belajar bahasa Jawa mengenai unggah-ungguh siswa kelas IV SD Negeri Langkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016.