Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya masih kurang efektif dan belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Kemudian hasil wawancara dengan 20 siswa dari 29 siswa kelas III SD Negeri Sindangwangi 03 memperoleh data yaitu17 dari 20 siswa yang di wawancarai, rata-rata menjawab malas, bosan dan kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru ketika di sekolah, kemudian sisanya
tidak menjawab dan malah sibuk sendiri. Penyebab utamanya adalah karena guru ketika mengajar masih menggunakan cara lama, yang menyebabkan siswa kurang
tertarik dalam pelajaran PPKn yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu, contoh - contoh dan penjelasan yang diberikan oleh guru masih jauh dari
kata konkret dan guru menerangkan pembelajaran masih bersifat abstrak sehingga siswa sulit dalam memahami materi yang diajarkan, guru belum menggunakan
model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa termotivasi, senang, menjadi lebih semangat dan aktif untuk mengikuti pembelajaran.. Tujuan penelitian Ini adalah untuk peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one grup pretest postes design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sindangwangi 03, sedangkan sampel penelitiannya seluruh siswa kelas III SD Negeri Sindangwangi 03. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T-Paired.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai diperoleh nilai signifikansinya adalah 0,001 dengan taraf kepercayaan 95% maka Sig. < 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Picture and Picture terhadap hasil belajar dilihat dari pretest dan postest siswa SDN Sindangwangi 03.