Institusion
Universitas Peradaban
Author
UTAMI, Dwi Roro
Subject
153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map
Datestamp
2023-12-21 03:17:22
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya tuntutan dunia menuntut pendidikan mengikuti perkembangan teknologi terhadap peningkatan pendidikan, terutama pada penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan e-modul flippingbook yang dikembangkan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), Evaluation (Evaluasi). Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 25 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan Uji T Sample Berpasangan (Paired Samples T Test). Hasil penelitian yang diperoleh (1) pengembangan e-modul flippingbook dengan hasil rata-rata dari ahli media 90% dengan kriteria sangat layak, hasil rata-rata dari ahli materi 88% dengan kriteria sangat layak dan hasil rata-rata dari guru kelas 96,25% dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut menunjukan bahwa e-modul flippingbook yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar berbasis elektronik dalam proses pembelajaran, (2) e-modul flippingbook hasil pengembangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa praktis digunakan (3) e-modul flippingbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.