DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU 01 CILONGOK TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Anifah, Emi
Subject
372 Pendidikan Dasar 
Datestamp
2017-05-21 06:59:54 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi yaitu mayoritas siswa lulusan dari MI Ma?arif NU 01 Cilongok melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah (MTs). Ada sekitar 60,20% siswa Mi Ma?arif NU 01 Cilongok melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah (MTs), 18,37% melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 21,43% melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas VI MI Ma?arif NU 01 Cilongok terhadap pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI MI Ma?arif NU 01 Cilongok tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki, dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VI MI Ma?arif NU 01 Cilongok terhadap Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan banyak pendidikan Agama Islam, yaitu jumlah mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) banyak, seperti Akidah Akhlak, Qur?an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fikih, dan lain sebagainya. Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang memiliki pemahaman Agama Islam yang tinggi karena kriteria ketuntasan minimal pendidikan Agama Islam di MTs tinggi. Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang bagus dan berkualitas, karena MTs memiliki banyak program ekstrakulikuler sebagai upaya pengembangan potensi siswa. Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang relatif mahal, karena siswa membedakan biaya pendidikan MTs dengan SMP negeri, yang mana pendidikan di SMP negeri tidak dipungut biaya (gratis). 
Institution Info

Universitas Peradaban