Abstract :
Berdasarkan hasil UH siswa kelas IV diketahui bahwa rata-rata nilai UH IPA siswa masih rendah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran CTL dengan metode permainan. Dengan merumuskan masalah apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL dengan metode permainan terhadap hasil belajar IPA dapat dikatakan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan pembelajaran menggunakan model CTL dengan metode permainan terhadap hasil belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV se Kecamatan Tonjong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen SDN Purbayasa dan kelas kontrol SDN Kutayu 02 yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling.
Nilai rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen adalah sebesar 79 dan nilai rata-rata tes hasil belajar kelas kontol adalah sebesar 71,6. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen melampaui 65 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = 49,63788 + 0,52056 X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebasar 73%.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dengan metode permainan efektif terhadap hasil belajar materi sumber energi.