Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan metode team teaching di SD Islam Al Mujahidin Cilacap, penelitian ini difokuskan pada implementasi metode team teaching (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dalam meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitf siswa kelas 1A semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode team teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa SD Islam Al Mujahidin Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode team teaching yang diterapkan di SD Islam Al Mujahidin adalah team teaching penuh, yaitu semua kegiatan pembelajaran dilakukan oleh guru team teaching secara bersama-sama. Perencanaan pembelajaran, mulai dari penyusunan RPP, penyusunan metode, memahami materi dan pembagian peran dilakukan oleh guru team teaching secara bersama. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan satu guru menjelaskan materi dan satu guru mendampingi siswa. Evaluasi dilakukan untuk siswa dan guru. Evaluasi siswa terdiri dari empat, yaitu evaluasi pada saat proses pembelajaran, ulangan harian, UTS dan UAS. Evaluasi guru dilakukan dengan cara memberikan kritikan dan saran untuk perbaikan pembelajaran. Hasil belajar siswa mencapai KKM semua dengan nilai rata-rata kelas 90.