DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TYPE POST SOLUTION POSING BERBANTUAN ARISAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI KALIJURANG 03
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Oktarina, Sevia
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-06-19 14:03:57 
Abstract :
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa rendahnya minat peserta didik mengikuti pelajaran matematika, peserta didik menganggap matematika mata pelajaran yang sulit, dan proses pembelajaran berpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan model konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan dengan model Probem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal, dan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar peserta didik dengan model Problem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal terhadap hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan peserta didik kelas V SD Negeri Kalijurang 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, teknik sampling yang digunakan adalah sampel random sampling, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu siswa kelas V, dan data sekunder yang berasal dari dokumentasi, dan hasil pretest dan posttest, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis butir instrumen (taraf kesukaran dan daya pembeda), uji hipotesis (uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan regresi linier sederhana) dan prosedur dalam penelitian ini melalui tahap penelitian ke lokasi penelitian dan tahap pelaksanaan penelitian mulai penyiapan instrumen, uji coba di kelas VI, pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen, pemberian posttest, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan dengan model Problem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) baik secara individual maupun klasikal. Pengaruh tersebut telah dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana yaitu thitung 6.606 dengan nilai ttabel lebih kecil yaitu 2.086. Taraf signifikansi yang digunakan 5% dan nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan korelasi (R) adalah 0.828 yang memiliki arti pengaruh sangat kuat, maka dihasilkan koefisien determinasi (R2) adalah 0.686 yang memiliki arti bahwa penggunaan model Problem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal memiliki pengaruh sebesar 68,6% terhadap hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan siswa kelas V SD Negeri Kalijurang 03. 
Institution Info

Universitas Peradaban