DETAIL DOCUMENT
PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 PADA MATERI SIMETRI LIPAT DAN PUTAR DI SD NEGERI BUMIAYU 04 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rahma, Hilda Aini
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-24 12:00:42 
Abstract :
Latar belakang dari penelitian ini ialah interaksi antara guru dan siswa kelas 3 rendah saat proses pembelajaran matematika pada materi simetri lipat dan putar sehingga rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04 tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh interaksi edukatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04 tahun pelajaran 2016-2017. 2) rata-rata siswa sudah mencapai KKM atau belum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04. Sampelnya ialah siswa kelas 3 yang berjumlah 22 anak. Teknik samplingnya menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis I (regresi linear sederhana) dan uji hipotesis II (uji individual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh interaksi edukatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04 tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian dilihat dari hasil perhitungan f hitung lebih besar dari f tabel atau 96,63 > 4,35 untuk signifikasi 5 % atau 0,05. 2) Rata-rata siswa kelas 3 sudah mencapai KKM. Hasil penelitian dilihat dari t hitung ? t tabel (1,77 ? 1,72). 
Institution Info

Universitas Peradaban