DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE InSTAD (Integrasi Sintaks Inkuiri dan STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG KELAS IV SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Nurhayati, Nunung
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-06 13:37:06 
Abstract :
Pembelajaran IPA di SD berhubungan dengan mencari informasi tentang alam semesta dengan menggunakan metode ilmiah, sehingga IPA bukan sekedar penguasaan konsep tetapi juga proses penemuan. Pembelajaran IPA di SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu masih menggunakan metode konvensional dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe InSTAD terhadap hasil belajar IPA materi transplantasi terumbu karang kelas IV SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, yaitu kelas IVB yang berjumlah 23 peserta didik. Pengambilan data menggunakan instrumen observasi dan tes yaitu tes hasil belajar IPA yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel independen dan variabel dependen, sebesar 85,80% sedangkan sisanya 14,19% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji korelasi diperoleh rhitung>rtabel (0,926>0,433). Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu 23,103+0,939x dan thitung>ttabel (11,268>2,080). Hasil uji F diperoleh FSign(hitung)>Ftabel (127,88>4,32), FLinier(hitung)
Institution Info

Universitas Peradaban