DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN BENTUK PERMUKAAN BUMI KELAS III SDN BUNIWAH 03
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Permatasari, Intan
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-23 11:38:08 
Abstract :
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Buniwah 03. Kemampuan memahami konsep merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan pembelajaran. Penggunaan berbagai model dalam pembelajaran merupakan upaya guru untuk mencapai tujuan yang optimal. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar dan pengaruh positif model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar . penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya perlakuan rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 55.83 dan sesudah diberi perlakuan dengan model picture and picture siswa memperoleh nilai rata-rata 79.16. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi ? = 10,619 + 1,009x. Karena r hitung > r tabel maka terdapat hubungan yang positif dan besar pengaruh aktivitas siswa adalah 76,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture. Berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban