Abstract :
Dalam proses pembelajaran diperlukan kemampuan komunikasi interpersonal guru. di SD islam Ta?allumul Huda Kecamatan Bumiayu guru kelas IV B memiliki komunikasi interpersonal yang baik. Tujuan peneliti ini peneliti ingin mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV B pada saat kegiatan belajar mengajar dikelas. Metode penelitian ini adalah penelitain kualitatif, dengan pendekatan study kasus. Sumber data peneliti ini adalah guru dan siswa-siswi kelas IV B tahun pelajaran
2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan triangulasi teknik yaitu reduksi data, penyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa sudah baik, guru mampu memotivasi belajar siswa melalui efektivitas komunikasi interpersonal: sikap keterbukaan, sikap empati, sikap positif, sikap dukungan dan sikap kesamaan/kesetaraan.