DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI PERISTIWA ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI TIPAR KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Astarini, Mey Lanny Gesti
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-24 10:23:09 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA pada siswa kelas V yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA materi peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri Tiparkidul 03 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Designs. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Tiparkidul 03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan langkah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA, hal tersebut dibuktikan dengan nilai postest lebih besar dari pretest 73,21 > 56,54. Dan juga menggunakan regresi linier sederhana (R2) sebesar 0,58 yang memiliki arti bahwa model pembelajaran Circuit Learning memiliki pengaruh sebesar 58%, dan sisanya sebesar 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Peradaban