DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Sofiyaturrohmah, Okty
Subject
Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 
Datestamp
2017-07-24 11:51:04 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pergeseran mata pelajaran bahasa Inggris yang awalnya masuk ke dalam muatan lokal namun dalam Kurikulum 2013 hanya sebagai ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru SD terhadap implementasi matapelajaran bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan di 5 SD inti yang ada di Kecamatan Bumiayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Keabsahan datanya yaitu triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru SD adalah kurang menyetujui jika bahasa Inggris hanya sebagai ekstrakurikuler. Alasannya adalah pertama, karena bahasa Inggris perlu diajarkan di jenjang SD untuk bekal menuju ke jenjang selanjutnya. Kedua, Jika bahasa Inggris hanya menjadi ekstrakurikuler waktunya kurang dan terkendala dengan siswa yang harus melaksanakan sekolah madrasah ketika siang sampai sore hari. Ketiga, masih ada lomba-lomba yang berkaitan dengan bahasa Inggris yaitu pidato bahasa Inggris dan story telling. Keempat, bahwa sekarang itu perkembangan zaman berlangsung begitu cepat, bahasa yang digunakan komputer pun menggunakan bahasa Inggris, sehingga mata pelajaran bahasa Inggris memang perlu diajarkan untuk anak SD. Kelima, bahwa di tingkat TK pun bahasa Inggris masih ada, seharusnya di tingkat SD nya lebih dimatangkan lagi untuk jenjang menuju SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Keenam, berkaitan dengan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. 
Institution Info

Universitas Peradaban