Abstract :
Hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 mengatakan bahwa siswa kelas IV memiliki ketuntasan belajar yang rendah pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema tempat tinggalku di SD Negeri Kalilangkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 16 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 dengan persamaan regresi yaitu ? = 37,231 + 0,625 X. Besarnya pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 dengan nilai R Square sebesar 55,3 % dan 44,7 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.