DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Aeni, Azizahtul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-25 14:24:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model guided note taking berbantuan handout terhadap kemampuan komunikasi matematis materi Statistika. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa, perbandingan kemampauan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA BU Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen XI IPS 1 dan kelas kontrol XI IPS 2 yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 88,2%. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,6 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol yaitu 67,5. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 91,3%. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model guided note taking berbantuan handout efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban