DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN SIRKUIT MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI BANGUN DATAR KELAS VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Khasanah, Fauziah Khudrotul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-25 14:35:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pemebelajaran Brain Based Learning berbantuan Sirkuit Matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun datar segi empat. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampauan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VII C dan kelas kontrol VII B yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas 92%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,22 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 62,3. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = -22,053 + 1,318X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebasar 75,2 %. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Sirkuit Matematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban