Abstract :
Aan Aniatun Nahlah. 40212144. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas V SD Negeri Pengarasan 02 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bumiayu: Universitas Peradaban.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas V SD Negeri Pengarasan 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pendekatannya eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Pengarasan 02 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest siswa lebih baik dibandingkan rata-rata hasil pretest siswa, hasil data posttest berdistribusi normal setelah dilakukan uji normalitas data, dan hasil yang diperoleh dari uji regresi linier sederhana terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas V SD Negeri Pengarasan 02.