DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN PLDV
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rokhmah, Muthi’ur
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-29 11:26:07 
Abstract :
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Hasil UAS semester 1 mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 menunjukan bahwa nilai rata-ratanya mencapai 63,77, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran knisley berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan PLDV. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampauan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII I dan kelas kontrol VIII F yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 78 dengan proporsi siswa yang tuntas 88%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 85 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 75. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ?=28,402+ 0,881X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebasar 70,2%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran knisley berbasis masalah efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban