DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MATH MODULE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SIWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rintoyo, Rintoyo
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-29 11:37:00 
Abstract :
Kemampuan penalaran matematika dan keterampilan proses siswa di SMP Negeri 2 Gumelar masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Keefektifan dapat dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan penalaran matematika siswa, perbandingan kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh keterampilan proses dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gumelar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 32 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji beda rata-rata, serta uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen adalah 78,44 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa kelas kontrol yaitu 69,79. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = -8,522 + 1,160x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module terhadap kemampuan penalaran matematika siswa sebesar 81,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Math Module efektif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban