DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN GEOBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Lestari, Widi
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-12-12 04:32:27 
Abstract :
Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata ketrampilan proses siswa juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ajibarang. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII F, kelas kontrol VII H, dan kelas uji coba VII I, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan mengunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 82,96 lebih baik daripadanilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 62,00. Uji regresi sederhana diperoleh diperoleh persamaan regresi ?=-44,549+1,651x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 83%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat. 
Institution Info

Universitas Peradaban