Institusion
Universitas Peradaban
Author
Yusanti, Indah
Subject
153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map
Datestamp
2017-07-30 12:28:59
Abstract :
Hasil wawancara dengan guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Tonjong tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa masih rendah. Hal ini mempengaruhi rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model SAVI bermuatan etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rata-rata kecerdasan emosional siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan dalam menjawab angket kecerdasan emosional siswa yang diberikan kepada siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tonjong tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Teknik analisis datanya dengan analisis data awal, analisis soal uji coba, dan analisis data akhir.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa melampaui rentang kecerdasan emosional siswa kelas eksperimen yaitu 64,8, lebih baik dari pada nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas control yaitu 55,4. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = 0.23,868 + 0.598x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 68%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model SAVI bermuatan etnomatematika efektif terhadap kecerdasan emosional siswa