Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena sikap percaya diri itu penting bagi anak berkebutuhan khusus karena mereka memiliki kekurangan. Dengan kekurangan itu, maka sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus harus dibangun agar mereka yakin dengan potensi yang dimiliki meskipun mereka memiliki kekurangan. Dan faktor-faktor eksternal maupun internal sangatlah berpengaruh penting dalam membangun sikap percaya diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap percaya diri siswa anak berkebutuhan khusus di kelas II dan kelas IV di SD Negeri Taraban 05. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Taraban 05. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya yaitu triangulasi teknik dan teori sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh dalam membangun sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus yang meliputi faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, pendidikan formal, pendidikan non formal dan faktor internal seperti kemampuan pribadi, keberhasilan seseorang, keinginan dan tekad yang kuat. Hal itu dapat terlihat dari sikap percaya diri yang ditunjukan anak berkebutuhan khusus baik di dalam kelas maupun diluar kelas.