DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN TEKNOLOGI DI SDN KALILOKA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Nilawati, Erna
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2017-07-31 11:58:12 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas IV SDN Kaliloka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar kognitif pada materi sumber daya alam dan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experiment dengan one group prtest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kaliloka tahun pelajaran 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif yang terdiri dari kategori pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes melalui soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa besarnya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif sebesar 53% dengan signifikansi 0,0001 < 0,05 maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV materi sumber daya alam dan teknologi di SDN Kaliloka. 
Institution Info

Universitas Peradaban