DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA KELAS V POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SD NEGERI MAYANA 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Nurhidayati, Linda
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-08-01 14:58:34 
Abstract :
Rendahnya keterampilan proses dasar IPA siswa kelas V SDN Mayana 02 tahun pelajaran 2016/2017. Hampir seluruh siswa masih kurang menguasai keterampilan mengamati, menginferensi dan mengkomunikasi. Keterampilan proses dasar sangat penting dalam pembelajaran IPA, karena IPA memiliki 3 komponen utama yaitu proses, produk dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dasar IPA kelas V pokok bahasan ekosistem di SDN Mayana 02 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Mayana 02 tahun pelajaran 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan proses dasar IPA yang terdiri dari keterampilan mengamati, klasifikasi, inferensi, prediksi dan komunikasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi melalui aktivitas siswa dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model learning cycle 5E mempengaruhi secara signifikan terhadap keterampilan proses dasar IPA dengan nilai Fhitung = 17,606 > Ftabel = 5,12 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dasar IPA kelas V pokok bahasan ekosistem di SDN Mayana 02. 
Institution Info

Universitas Peradaban