DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMAN SISWA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI TARABAN 05 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Amamiah, Qomarany
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-08-02 11:42:15 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kerjasama siwa. Dilihat pada saat pembelajaran berlangsung saat guru meminta siswa berpasangan atau berkelompok, hanya beberapa siswa yang melakukan kerjasama, dan banyak siswa yang masih malu-malu saat diminta ide atau pendapatnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Taraban 05 Desa Taraban Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dengan materi pelajaran gaya dan gerak pada tema 8 edisi revisi daerah tempat tinggal ku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre Experimen dengan desain One Shot Case Study. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 4 dan sampel adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Tenik analisis data yang digunakan ialah uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan kelas ekperimen. Kesimpulan tersebut didasarkan pada uji regersi sederhana dengan menggunakan F hitung. Hasilnya adalah nilai F hitung = 11,702 sedangkan F tabel 4,20 hal tersebut menujukan bahwa ada pengaruh model kooperatif TPS terhadap kerjasama siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban