Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam proses pembelajaran di gedung sekolah terpisah, banyak faktor yang dapat mempengaruhi guru dalam proses belajar mengajar, baik yang bersifat internal maupun eksternal, Seperti Kondisi gedung sekolah, tata ruang kelas, alat-alat belajar mempunyai pengaruh pada kegiatan belajar, Sehingga dalam penelitian ini, penulis berusaha untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran di gedung sekolah terpisah SD Negeri Mendala 04 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (conclusing drawing verification).
Hasil penelitian yang diperoleh adalah mengenai efektivitas pembelajaran di gedung sekolah terpisah SD Negeri Mendala 04 yaitu 1) Kondisi sekolah cukup baik dan bagus, seperti dilihat dari kondisi bangunan dan kondisi lingkungan sekolah. 2) kondisi kelas/ruang kelas kurang nyaman. 3) sumber belajar cukup lengkap. 4) Media dan alat bantu kurang lengkap atau kurang memadai, seperti LCD/proyektor dan lain-lain. Peneliti menyimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran di gedung sekolah terpisah SD Negeri Mendala 04 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes bahwa pembelajarannya kurang efektif.